Selasa, 26 Maret 2013

Asal Mula Kehidupan di bumi


A)    Asal usul kehidupan
 
Untuk mendefinisikan "kehidupan" dalam istilah yang tegas masih merupakan tantangan bagi para ilmuwan dan filsuf. Mendefinisikan "kehidupan" adalah hal yang sulit, karena hidup adalah sebuah proses, bukan substansi murni. Definisi apapun harus cukup luas untuk mencakup seluruh kehidupan yang dikenal, dan definisi tersebut harus cukup umum, sehingga, dengan itu, ilmuwan tidak akan melewatkan kehidupan yang mungkin secara mendasar berbeda dari kehidupan di bumi.
Dalam beberapa dekade terakhir, sejumlah ilmuwan telah mengusulkan beberapa teori sistem kehidupan yang bersifat umum yang diperlukan untuk menjelaskan sifat dari kehidupan. Teori umum semacam itu, yang muncul dari ilmu ekologi dan biologi, berupaya untuk memetakan prinsip-prinsip umum untuk bagaimana semua sistem yang hidup bekerja. Alih-alih memeriksa fenomena dengan mencoba memilah-milah berbagai hal ke dalam bagian-bagian komponennya, teori sistem kehidupan yang umum menyelidiki fenomena dalam hal pola dinamis dari hubungan organisme dengan lingkungan mereka
Sebuah pandangan sistem terhadap kehidupan memperlakukan alur lingkungan dan alur biologi bersama-sama sebagai "timbal balik pengaruh", dan hubungan timbal balik dengan lingkungan ini bisa dibilang penting untuk memahami kehidupan sebagaimana untuk memahami ekosistem. Sebagaimana Harold J. Morowitz (1992) menjelaskan, kehidupan adalah lebih berupa sifat dari sebuah sistem ekologi daripada suatu organisme tunggal atau spesies. Dia berpendapat bahwa definisi ekosistem dari kehidupan adalah lebih dipilih untuk bidang biokimia atau fisika. Robert Ulanowicz (2009) juga menggarisbawahi mutualisme sebagai kunci untuk memahami sistem, menghasilkan perilaku kehidupan dan ekosistem 

B)    Teori Abiogenesisi

Teori yaitu makhluk hidup yang pertama kali di bumi berasal dari benda mati. Abiogenesis dikenal dengan sebutan Generatio Spontanea yang artinya teori tersebut secara spontan atau begitu saja. Pengertian abiogenesis dan generatio spontanea jika digabung makan secara keseluruhan artinya makhluk hidup yang terjadi secara spontan, misalnya :
1)      Ikan dan katak berasal dari lumpur
2)      Cacing berasal dari tanah
3)      Belatung berasal dari daging yang membusuk
Berikut beberapa penemu yang beranggapan bahwa makhluk hidup berasal  dari benda mati antara lain:
a.       Teori menurut Anthony van Leeuwenhoek (abad ke 18)
Anthony berhasil membuat mikroskop dan melihat jasad renik di dalam air bekas rendaman jerami. Jadi Anthony menyimpulkan bahwa mikroorganisme berasal dari air.
b.      Teori  menurut Aristoteles (384-322 SM)
Berpendapat bahwa makhluk hidup terjadi begitu saja. Beliau mengamati ikan-ikan  yang hidup di air, ia melihat ikan tertentu keluar dari lumpur, menurutnya ikan-ikan berasal dari lumpur. Pendapat ini masih terus bertahan sampai abad ke 17-18.
c.       Teori menurut Nedhan
Beliau merebus air kaldu kemudian memasukannya kedalam botol, lalu menutup rapat botol tersebut dengan gabus. Ternyata beberapa  hari kemudian muncul bakteri. Nedham menyimpulkan bahwa bakteri berasal dari kaldu. Padahal Nedham merebus kaldunya tidak dengan botolnya, sehingga dapat disimpulkan bahwa bakteri berasal dari botol yang tidak streril.


C. Teori Biogenesis

Teori Biogenisis menyebutkan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga. Berikut beberapa penemu yang menambah teori Aristoteles dan Anthony antara lain:

a.       Fransisco Redi ( 1626-1697)

Fransisco melakukan percobaan karena beliau tidak sependapat dengan Aristoteles. Dalam percobaannya, Fransisco menggunakaan  tiga buah toples
Toples I : diisi sekerat daging , dan ditutup rapat
Toples II : diisi sekarat daging , ditutup menggunakan  kain kasa
Toples III : diisi sekerat daging , tidak ditutup
FAKTA
Toples I : tidak ditemukannya larva
Toples II : tidak ditemukannya larva
Toples III : ditemukkannya larva, karena lalat bisa masuk toples
Dari percobaan yang telah dilakukan maka Fransisco Redi berpendapat bahwa larva  bukan berasal dari kerataan daging ( benda mati), tetapi berasal dari lalat yang bertelur.

b.      Lazzaro Spallanzani (1729-1799)

            Spallanzani melakukan percobaan sebagai berikut. Air kaldu dimasukkan kedalam beberapa
 botol atau tabung. Sebagian tabung ditutup rapat dan sebagian dibiarkan terbuka. Faktanya tabung yang tertutup rapat  tidak ditemukkannya mikroorganisme, sedangkan pada tabung terbuka terdapat adanya mikroorganisme. 

c.Louis Pasteur (1822-1895)

Dalam percayaan Louis Pasteur menggunakan tabung kaca berbentuk seperti leher angsa atau huruf S. Setelah dilakukan percobaan Louis berpendapat bahwa materi bukan berasal dari kaldu dan juga bukan berasal dari udara.
Berdasarkan hasil percobaan Fransisco, Spallanzani, dan Louis tersebut , maka tumbanglah paham Abiogenesis, dan muncullah paham/teori baru tentang asal usul makhluk hidup yang dikenal dengan teori Biogenesis.
Teori itu menyatakan :
-          Omne vivum ex ovo : yang berarti setiap makhluk hidup berasal dari telur
-          Omne ovum ex vivo : yang berarti telur berasal dari makhluk hidup
-          Omne vivum ex vivo : yang berarti setiap mkhluk hidup berasal dari makhluk hidup

 SUMBER

http://www.slideshare.net/DebuYandi/makalah-biologi-farmasi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar