Rabu, 11 Desember 2013

MEMANAGE DIRI SENDIRI

Untuk memanage diri sendiri  agar usaha kita berhasil dan sukses maka kita harus :



1. Disiplin Diri.  Karena  untuk  mengendalikan emosi, pikiran, dan fisik , maka dengan sendirinya kemampuan kita untuk meraih sukses menjadi lebih baik. Misalnya, kita akan lebih mudah untuk mengendalikan orang lain untuk memberikan dukungan bagi kita; kita juga akan lebih mampu mengendalikan perubahan yang terjadi di sekitar kita agar dapat menunjang kita meraih sukses, kita juga bisa mengendalikan permasalahan di sekitar kita, dengan mengubah permasalahan menjadi kesempatan sukses, dan kita pun bisa lebih baik dalam mengatur waktu (bukan kita yang menjadi budak waktu) untuk bekerja lebih cerdas. Prinsipnya adalah kita harus mampu belajar untuk memimpin diri sendiri, dalam mengatur waktu, menetapkan tujuan dan memupuk komitmen untuk mencapai tujuan tersebut.


2. Motivasi Diri. Orang yang peduli akan menunjukkan prestasi yang lebih baik dalam segala hal yang ia kerjakan (Austin, 2000). Orang yang peduli ini akan bekerja dengan sungguh-sungguh karena ia peduli akan hasil akhir yang akan dicapai. Kepedulian muncul karena dorongan dari dalam (internal motivation) ataupun dorongan dari luar (external motivation). Dorongan atau motivasi dari dalam diri sendiri muncul karena keinginan ataupun mimpi yang kuat untuk meraih sukses. Tercapainya mimpi ini akan membuat kita menitikkan air mata bahagia. Jadi, temukan mimpi atau keinginan yang kuat, yang pencapaiannya bisa membuat kita menitikkan air mata (Misalnya: mimpi untuk keliling dunia 5 tahun mendatang, ataupun mimpi untuk membeli sebuah rumah idaman dalam 10 tahun ke depan). Dorongan atau motivasi dari luar bisa datang dari seseorang (orang tua, kakak atau adik, sahabat, ataupun orang terkenal yang menjadi panutan kita).


3. Percaya Diri. Jika kita sendiri tidak percaya bahwa kita mampu meraih sukses, bagaimana kita bisa meyakinkan orang lain untuk mendukung kita meraih sukses. Jika dalam bernegosiasi, kita sendiri tidak yakin akan produk ataupun jasa yang kita tawarkan, lebih baik kita tidak melakukan negosiasi, karena kita pasti tidak akan mampu meyakinkan calon pembeli untuk membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Kuncinya dalam hal ini adalah percaya diri. Jika kita telah memiliki rasa percaya diri tinggi, maka kita akan lebih mudah meyakinkan orang lain akan kemampuan kita, karena rasa ini akan menular pada orang-orang sekitar kita. Bayangkan saja jika kita pergi ke dokter untuk konsultasi penyakit kita. Ternyata dokter yang kita kunjungi tidak yakin bahwa ia dapat membantu kita. Dalam kondisi seperti ini, pastilah kita akan pergi ke dokter lain yang menunjukkan rasa percaya diri bahwa ia mampu membantu kita.Rasa percaya diri bisa dipupuk dengan melakukan perencanaan yang rinci, matang, dan tersusun secara sistematis, serta persiapan yang cukup (baik secara fisik mental, maupun emosional), dan apresiasi terhadap kelebihan dan kemampuan yang kita miliki. Kita juga bisa meningkatkan kepercayaan diri dengan terus mengembangkan keterampilan dan kemampuan kita secara rutin. 



4. Pengembangan Diri. Keinginan untuk selalu mengembangkan diri, merupakan salah satu faktor kunci dalam memupuk kemampuan kita mengendalikan diri. Dengan mempelajari teknik-teknik mengatur waktu yang efektif, kita bisa mencoba untuk mengendalikan waktu (bukan waktu yang mengendalikan kita). Dengan mempelajari informasi tentang pola makan sehat, serta olah raga yang sesuai dengan usia dan kondisi tubuh kita, maka kita akan terdorong untuk melakukan hal-hal yang sudah kita pahami. Dengan mengerti lebih dalam mengenai strategi ampuh untuk berpikir positif, kita bisa mencoba strategi tersebut untuk memupuk cara berpikir positif (dan mengendalikan pikiran-pikiran yang destruktif) untuk meraih sukses. Yang penting diperhatikan di sini adalah kita perlu mengembangkan diri kita secara terus-menerus, sehingga kita bisa benar-benar menjadi ahli di bidang yang kita tekuni agar kita bisa memupuk rasa percaya diri yang tinggi, dan membuat orang menaruh kepercayaan tinggi juga atas kemampuan kita.






Nama : Syifa Rahmajuwita
NPM : 12509855

3 komentar:

  1. Amazing saya sangat setuju dengan 4 cara memanage diri kita sendiri(Y) saya akan menjadi org yg sukses semuda mungkin

    BalasHapus
  2. jadi intinya selalu positif meskipun kondisi sekitar negatif, seperti itukah ?

    BalasHapus
  3. tul betul,, untuk meraih kesuksesan dalam hitungan menit silahkan kesini : https://goo.gl/UW2oU3

    BalasHapus